We Make People Fly
experience

Newsroom

Berita terbaru dari Lion Air

Persiapkan Rencana Penerbangan dari Sekarang! Lion Air Memberikan “GRATIS” Bagasi 15kg “Kota Tujuan Domestik: Jakarta dan Batam”

Feb 23, 2021, 11.42 AM by User Not Found

 

J A K A R T A – 21 Februari 2021. Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group mengumumkan informasi terbaru dengan memberikan layanan “gratis bagasi 15kg” (15 kilogram) yang mulai efektif 22 Februari 2021 hingga pemberitahuan lebih lanjut (until further notice/ UFN). Fasilitas ini sebagai bagasi tercatat atau terdaftar (checked baggage), yaitu barang bawaan penumpang yang diserahkan dan dilaporkan melalui petugas di meja pelaporan terminal keberangkatan bandar udara (check-in counter) setelah ditimbang dan dibawa ke ruang bagasi atau kompartemen kargo pesawat udara.

“Gratis bagasi 15kg” berlaku khusus pemesanan awal sebelum keberangkatan (prepaid baggage) pada semua jadwal penerbangan rute domestik Lion Air yang dilayani pergi pulang (PP), meliputi:

  1. Jakarta – Batam – Jakarta
  2. Batam – Jakarta – Batam

Informasi kota dan bandar udara keberangkatan:

  1. Jakarta – Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten (CGK)
  2. Batam – Bandar Udara Internasional Hang Nadim di Batu Besar, Pulau Batam, Kepulauan Riau (BTH).

Layanan bagasi tercatat gratis 15kg merupakan program baru Lion Air untuk penerbangan Jakarta –  Batam – Jakarta dan Batam – Jakarta – Batam guna menjawab peluang dan tantangan bisnis seiring pertumbuhan tren perjalanan udara yang simpel, sesuai era kekinian. Selain itu, upaya meningkatkan minat bepergian menggunakan pesawat udara.

Hadirnya opsi program khusus ini, setiap penumpang dapat melakukan perjalanan udara (traveling) lebih ekonomis serta terjangkau dengan pilihan kapasitas bagasi tercatat 15kg.

Ketentuan pelaksanaan “gratis bagasi 15kg”, sebagai berikut:

1. Khusus calon penumpang yang mempunyai tiket penerbangan Lion Air, pada:

a. Periode pemesanan mulai 22 Februari 2021 dan seterusnya,

b. Periode penerbangan mulai 22 Februari 2021 dan seterusnya.

2. Proses mendapatkan bagasi gratis 15kg, bersamaan ketika melakukan pembelian atau pemesanan tiket (issued ticket) mulai 22 Februari 2021 dan seterusnya:

a. Secara online (www.lionair.co.id, online travel agent dan call center) harus memilih menu “bagasi gratis 15kg yang tertera Rp 1”,

b. Secara offline (ke kantor penjualan Lion Air, kantor agen mitra perjalanan dan lainnya) wajib menyampaikan bahwa: membutuhkan (ingin memperoleh) bagasi gratis 15kg.

3. Proses mendapatkan gratis bagasi 15kg dilakukan maksimal 6 (enam) jam sebelum keberangkatan,

4. Bagi calon penumpang yang sudah memiliki tiket pesawat Lion Air (tiket dipesan dan diterbitkan mulai 22 Februari 2021) dan belum memperoleh gratis bagasi 15kg, maka untuk mendapatkan dengan:

a. Mengisi atau memasukkan (input) kode pemesanan tiket (booking code) padatahap pemilihan bagasi 15kg melalui www.lionair.co.id

b. Alternatif: menunjukkan kode pemesanan tiket melalui kantor penjualan Lion Air Group.

5. Demi kenyamanan penumpang, petugas check-in akan melakukan pengukuran bagasi di check-in counter untuk membantu guna menentukan apakah bagasi memenuhi persyaratan ini. Apabila melebihi 15kg, maka membayar biaya tambahan agar bagasi dapat diangkut sebagai bagasi terdaftar.

6. Bagi bayi yang tidak berhak atas kursi, kereta bayi lipat atau kursi dorong yang bisa dilipat, atau keranjang bayi atau kursi mobil dapat didaftarkan sebagai bagasi atau diterima sebagai bagasi kabin penumpang, tergantung ukuran, dimensi serta ketersediaan ruang.

7. Penumpang dilarang untuk mendaftarkan atau membawa barang berbahaya di pesawat, antara lain

a. Bahan peledak seperti kembang api, petasan, bom yang belum meledak dan lainnya yang sejenis.

b. Bahan magnetik yang kuat.

c. Zat beracun (termasuk insektisida) dan zat korosif atau zat pengoksidasi (termasuk pemutih).

d. Semua jenis kompor untuk memasak.

e. Zat radioaktif.

f. Bahan-bahan yang mudah terbakar, termasuk sebagian besar korek api atau bahan bakar pemantik.

g. Gas bertekanan seperti katrij gas untuk kompor berkatrij gas, semprotan oksigen untuk olahraga, semprotan penghilang debu dan lainnya yang sejenis.

8. Ketika di check-in counter, harap pastikan bagasi bertanda khusus (dilabeli) sesuai data penerbangan dan destinasi yang tepat. Nomor tanda terima bagasi dan bagasi terdaftar harus sama.

 

Ketentuan barang bawaan ke kabin (hand carry), aturan yang berlaku yaitu

  1.  Setiap penumpang (kecuali bayi), diperbolehkan membawa satu bagasi kabin (cabin baggage) dengan maksimum berat 7 kg dan satu barang pribadi (personal item) seperti tas laptop/ perlengkapan bayi/ bahan membaca/ kamera/ tas jinjing wanita (hand luggage). Maksimum ukuran dimensi bagasi kabin ialah 40 cm x 30 cm x 20 cm.

a. Laptop dalam tas laptop tipis dianggap sebagai barang pribadi. Laptop dalam tas laptop yang lebih besar akan dihitung sebagai bagian dari alokasi barang yang dibawa.

b. Lion Air sangat menghargai perhatian dan kerjasama setiap penumpang. Lion Air mengingatkan semua penumpang, bagasi kabin harus sesuai dengan batas dimensi dan berat serta disimpan dengan benar. Jika secara aktual membawa bagasi berukuran besar atau terlalu berat, agar bagasi dapat diangkut sebagai bagasi terdaftar.

2. Semua yang berbentuk cairan tidak boleh lebih dari 100 ml.

3. Barang bawaan di rak (kompartemen) di atas kepala yang tertutup atau di bawah kursi bagian depan.

a. Bagasi yang dijinjing harus muat di bawah kursi penumpang saat disimpan, agar tidak bergeser ke samping menuju lorong (aisle).

b. Bagasi yang dijinjing yang tersimpan di rak atas kepala harus terpasang dengan aman dan awak kabin dapat menutup rak.

c. Apabila meletakkan barang pribadi di dalam saku kursi, maka posisi barang dari bagian belakang kursi harus dalam garis vertikal dan dalam posisi barang tersebut tidak menonjol ke arah lorong.

4. Beberapa item (jenis) khusus tidak cocok sebagai bagasi terdaftar karena sifatnya, untuk itu harus meminta izin membawanya ke dalam kabin.

a. Barang berharga seperti uang tunai, dokumen keuangan, perhiasan, kamera, ponsel, perangkat elektronik portabel dan bentuk barang berharga lainnya harus disimpan sendiri di rak atau kompartemen di atas kepala yang tertutup atau di bawah kursi di depan posisi duduk penumpang.

b. Barang kebutuhan bayi seperti popok, botol susu dan makanan untuk dikonsumsi selama penerbangan tidak melebihi dari 5 kg.

c. Kebutuhan penumpang disabilitas, seperti tongkat jalan, kursi roda, tongkat penopang/ penyangga atau perlengkapan bantu lainnya.

d. Perlengkapan mandi atau produk perawatan (toiletries) berbentuk cairan seperti sampo, pelembut kulit (lotion), sabun, parfum atau benda-benda lainnya diatur yang baik dan aman. Pastikan tertata dalam wadah berbentuk kantong (pouch) khusus.

Untuk alasan keselamatan dan keamanan penerbangan, setiap penumpang harus mengikuti peraturan operasional, arahan dan instruksi awak kabin.

Penggunaan telepon genggam dan perangkat elektronik lainnya, sebagai berikut:

1. Dilarang membawa perangkat elektronik yang mengeluarkan uap atau asap.

2. Dilarang membawa laptop produk Apple jenis MacBook Pro 15 inchi produksi 2015 yang dipasarkan periode September 2015 sampai Februari 2017 sebagai bagasi tercatat/ terdaftar (checked baggage) dan kargo. Produk MacBook Pro (Retina 15-Inchi) produksi 2015 yang dipasarkan periode September 2015 sampai Februari 2017.

3. Sesuai aturan, pengisi daya baterai (powerbank) berkapasitas daya:

a. maksimum 100 Wh atau 20.000 mAh hanya boleh dibawa ke kabin dan dilarang masuk dalam bagasi tercatat/ terdaftar (checked baggage).

b. 100-160 Wh atau 20.000-32.000 mAh harus ada persetujuan dari Lion Air.

c. lebih dari 160 Wh dilarang untuk masuk ke dalam pesawat.

4. Tidak dipergunakan selama pesawat lepas landas, mendarat atau bergerak di landas parkir (apron), landas hubung (taxiway) dan landas pacu (runway).

5. Tidak dipergunakan ketika berada di lorong, kursi dekat jendela darurat dan pintu keluar di pesawat.

6. Tidak menyebabkan kerusakan pada fasilitas atau menyebabkan cidera pada diri sendiri, penumpang lain serta kru bertugas di pesawat.

7. Tidak mengganggu kenyamanan penumpang lain, misalnya: menghalangi jarak duduk di bagian depan kursi.

Hiburan “Gratis” di Penerbangan

Pengalaman baru menjelajahi Indonesia salah satunya di rute Surabaya – Berau – Surabaya, seluruh penumpang bisa mencoba hiburan secara “gratis” tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan (extra). Konten meliputi beragam film, bermain games, membaca majalah dan masih banyak lagi. Untuk periode ini, hal paling menarik adalah menonton film “cuma-cuma” dari genre seperti Indonesia, Hollywood dan jenis film Korea.

Hiburan ini terkoneksi melalui wireless inflight entertainment (W-IFE) dari AirFi (PT Dua Surya Dinamika) yang diakses dari semua ponsel pintar (smartphone), tablet, laptop dengan operating system (OS) - perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya seperti iOS, Android, Windows, BBM, Linux dan lainnya

Cara mudah mengakses Lion Air Entertainment, pertama, mengubah aturan (setting) ponsel ke mode pesawat atau airplane mode. Kedua, ubah dalam wifi connection pada ponsel dan pilih “Lion Entertainment” di Lion Air. Setelah berhasil, dapat menikmati inflight entertainment Lion Air Group.

Hiburan dengan perangkat gadget/ device masing-masing penumpang sebagai salah satu bentuk upaya pencegahan penyebaran Covid-19 agar penumpang dapat menikmati hiburan yang disajikan dengan nyaman dan aman.

Sirkulasi Udara dan Kebersihan dalam Kabin Terjaga Baik

Seluruh armada yang dioperasikan Lion Air Group termasuk pesawat modern yang memiliki sistem penyaringan udara (High Efficiency Particulate Air) atau disebut HEPA filter dan Extraction Syatem (by Environment Control System (ECS)) yang menjamin udara dalam kabin tetap segar.

HEPA filter membantu menjaga kebersihan udara di dalam kabin dan menyaring lebih dari 99,9% jenis virus, kuman, serangga dan bakteri. Udara di dalam kabin pesawat diperbarui setiap 2-3 menit, sehingga lebih segar. Untuk udara dari toilet (lavatory) dan dapur (galley) langsung dialirkan ke luar pesawat.

Penyemperotan (disinfektan) dan kebersihan terus dilakukan secara detail meliputi ruang kemudi (flight deck); dapur (galley); kamar kecil (lavatories), ruang kabin (cabin area), pegangan pembuka rak bagasi kabin (luggage storage bin handle); ventilasi udara dan call button; sandaran kursi; penutup tempat duduk (seat covers); sabuk pengaman (seatbelts); sandaran kepala tempat duduk (seat headrests); karpet lantai; jendela dan penutup jendela; fasilitas penumpang lainnya; ruang kargo (cargo compartment) dan lainnya.

 

Untuk pertanyaan media, hubungi kami di:

Lion Air

Telepon: (+6221) 6379 8000

Email: customercare@lionairgroup.com

Ikuti kami di media sosial