We Make People Fly
experience

Newsroom

Berita terbaru dari Lion Air

Lion Group Siap Kawal Operasional Penerbangan Musim Nataru 2024: Optimalisasi Rotasi Pesawat dan Antisipasi Cuaca yang Tidak Menentu

Des 20, 2024, 11.19 AM by Lion Air Public Relations

T A N G E R A N G, 18 Desember 2024 – Menyambut musim liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, Lion Group telah mempersiapkan strategi menyeluruh untuk memastikan operasional penerbangan berjalan lancar. Fokus utama tahun ini adalah optimalisasi rotasi pesawat udara dan upaya antisipasi operasional terkait kondisi cuaca kurang baik.

 

Lion Group telah mempersiapkan langkah-langkah strategis untuk menghadapi lonjakan penumpang serta dinamika operasional, terutama menghadapi potensi gangguan cuaca ekstrem. Keselamatan, kenyamanan, dan ketepatan waktu menjadi prioritas.

 

Strategi Rotasi Pesawat yang Optimal

Lion Group mengelola terdiri dari pesawat modern seperti Boeing 737-900ER, Boeing 737-800NG, Airbus A320, Airbus 330 dan ATR 72-600, sebagai langkah mendukung kelancaran operasional di periode Nataru, Lion Group menerapkan:

1. Penyusunan Jadwal Rotasi Pesawat yang Efisien

  • Mengatur rotasi pesawat berdasarkan rute dengan permintaan tinggi seperti Jakarta–Bali, Surabaya–Bali, Makassar–Sorong, Jakarta–Medan Kualanamu, Jakarta-Balikpapan dan lainnya.
  • Meminimalkan waktu turnaround (pergantian pesawat) melalui koordinasi yang ketat antara kru darat dan udara.

    2. Penempatan Pesawat Cadangan di Bandara Strategis

  • Pesawat cadangan ditempatkan di bandara utama seperti Soekarno-Hatta (CGK), Ngurah Rai (DPS), Juanda (SUB), dan Sultan Hasanuddin (UPG).
  • Pesawat cadangan ini akan digunakan untuk menggantikan armada yang terdampak gangguan teknis atau cuaca kurang baik.

    3. Peningkatan Kesiapan Teknis

  • Seluruh armada Lion Group menjalani pemeriksaan menyeluruh (pre-flight check) untuk memastikan kelayakan operasional.
  • Dukungan dari tim teknis Batam Aero Technic (BAT) sebagai pusat perawatan pesawat berskala internasional.

 

Antisipasi Operasional untuk Menghadapi Cuaca Kurang Baik

1. Pemantauan Cuaca Real-Time

  • Lion Group bekerja sama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk memantau kondisi cuaca di seluruh rute penerbangan.
  • Tim operasional menggunakan data cuaca terkini untuk mengatur jalur penerbangan yang aman.

    2. Pengaturan Ulang Jadwal Secara Dinamis

  • Jika cuaca kurang baik memengaruhi jadwal, Lion Group akan mengatur ulang penerbangan dengan memprioritaskan keselamatan.

    3. Simulasi dan Latihan Kesiapan

  • Seluruh kru udara dan darat telah menjalani simulasi penanganan kondisi akibat cuaca kurang baik, termasuk prosedur pengalihan rute dan pengaturan ulang jadwal.

    4. Peningkatan Kapasitas Ruang Tunggu Bandar Udara

  • Bersama otoritas bandara, Lion Group memastikan kenyamanan penumpang dengan menambah fasilitas ruang tunggu di bandar utama utama untuk mengantisipasi keterlambatan.

 

Komitmen Lion Group: Keselamatan dan Kenyamanan Penumpang

Cuaca kurang baik yang berubah sewaktu-waktu adalah tantangan nyata yang kami hadapi setiap tahun. Namun, dengan perencanaan matang, koordinasi dengan pihak terkait dan teknologi modern, Lion Group optimis dapat melayani seluruh pelanggan dengan maksimal.

 

Upaya memastikan perjalanan para pelanggan tetap lancar:

1. Unduh aplikasi BookCabin untuk mendapatkan informasi penerbangan terkini dan melakukan pemesanan tiket serta check in online.

2. Datang lebih awal ke bandar udara untuk menghindari antrean, terutama saat kondisi cuaca tidak menentu.

3. Ikuti akun media sosial resmi Lion Group dan lainnya yang terkait untuk pembaruan informasi.

 

*** Selesai ***

Untuk pertanyaan media, hubungi kami di:

Lion Air

Telepon: (+6221) 6379 8000

Email: customercare@lionairgroup.com

Ikuti kami di media sosial