Lion Experience
Tanya Jawab Populer
Halaman ini sedang dalam perbaikan.
FAQ-LION
- Demi keselamatan dan kenyamanan penerbangan, penumpang yang sedang hamil berkewajiban untuk memberitahukan kepada staff check in counter kondisi kehamilannya pada saat melapor di counter check-in.
- Kehamilan Kurang dari 28 minggu, penumpang hanya perlu mengisi Formulir Ganti Rugi (Form of Indemnity) yang disediakan oleh Lion Air dan tidak perlu memberikan surat dokter yang menyatakan bahwa penumpang sehat untuk melakukan perjalanan kecuali penumpang tersebut mengalami hal khusus pada kehamilannya.
- Kehamilan antara 28 - 35 minggu, penumpang harus memberikan Surat Dokter yang menyatakan bahwa penumpang sehat untuk bepergian dan tanggal penerbitan sertifikat tidak boleh lebih dari tiga (3) hari dari tanggal keberangkatan penerbangan yang dijadwalkan. Penumpang diwajibkan mengisi Formulir Ganti Rugi (Form of Indemnity) yang disediakan oleh Lion Air.
- Usia kehamilan lebih dari 35 minggu tidak diperbolehkan melakukan perjalanan dengan transportasi udara.
- Didampingi oleh orang dewasa berbadan sehat yang harus bertanggung jawab atas bayi tersebut.
- Penumpang melakukan perjalanan pada penerbangan yang sama, dalam kelas yang sama, dan tujuan yang sama dengan bayi.
- Bayi yang mengalami gangguan kesehatan harus menyerahkan Surat Keterangan Medis dan mengisi Formulir Ganti Rugi (Form of Idemnity).
- Total bayi di dalam satu jadwal penerbangan dibatasi hingga 10% dari kapasitas kursi pesawat.
- Bayi harus ditempatkan pada baris kursi bernomor genap.
- Bayi dibawah umur 2 tahun dapat diterima untuk melakukan perjalanan udara dengan mengikuti kondisi dibawah ini:
USIA | DOKUMEN |
2 - 7 hari | Menyerahkan sertifikat kesehatan
& mengisi formulir ganti rugi (form of indemnity) yang disediakan Lion
Air |
8 hari - 6 bulan | Mengisi formulir ganti rugi (form of
indemnity) yang disediakan Lion Air |
> 6 bulan -
2 tahun | Tidak diperlukan dokumen |
- Sertifikat kesehatan hanya berlaku 3 (tiga) hari atau 72 jam setelah diterbitkan.
DEWASA | ANAK | BAYI |
>
12 tahun | 2 -
12 tahun | <
2 tahun |
F. Apakah ada biaya yang harus dibayarkan jika penumpang membawa kursi roda (wheel chair) atau kereta dorong bayi (baby stroller)?
Bagi para penumpang yang menggunakan kursi roda (wheel chair) atau bayi yang menggunakan kereta dorong (stroller), dibebaskan biaya pengangkutan maksimal 1 (satu) unit per penumpang.
- Medical Information (MEDA) yang diisi oleh dokter pendamping.
- Surat pernyataan dokter.
- Surat pernyataan keluarga.
- Dilakukan 3 x 24 jam sebelum keberangkatan.
- Membeli 9 tiket dengan harga ekonomi tertinggi. Kecuali penerbangan Wings cukup dengan 6 tiket harga ekonomi tertinggi.
- Untuk tiket pendamping (dokter & keluarga), mengikuti harga tiket yang tersedia.
- Call Center
- Kantor perwakilan Lion Group ataupun Bandara.
- Hanya dapat dilakukan di kantor perwakilan Lion Group.
- Pengajuan pembelian dilakukan paling lambat 3 x 24 jam sebelum keberangkatan.
- Identitas, kartu pelajar/ surat keterangan lain.
- Nama Pengantar
- Nama Penjemput
- Nomor telepon keluarga penjemput/ pengantar.
5. Tidak dikenakan biaya apa pun untuk rute penerbangan domestic, kecuali internasional khusus rute dari dan ke Singapura.
WAKTU DELAY | JENIS KOMPENSASI |
30 -
60 menit | Minuman
ringan |
61 -
120 menit | Minuman
& makanan ringan |
121 -
180 menit | Minuman
& makanan berat |
181 -
240 menit | Minuman
& makanan ringan ditambah makanan berat |
Lebih
dari 240 menit | Uang
sebesar Rp 300.000,- |
Pembatalan
penerbangan | 2
pilihan: |
- Penerbangan Domestik dibuka mulai dari 2 jam sebelum jadwal keberangkatan.
- Penerbangan Internasional dibuka mulai dari 3 jam sebelum jadwal keberangkatan.
- Mulai dari 24 jam sebelum keberangkatan, untuk web check-in (khusus untuk penerbangan Domestik).
- Tutup 2 jam sebelum keberangkatan.
- Melapor ke counter check in bandara saat keberangkatan dan check in bagasi jika ada.
- Penerbangan domestik: 30 menit sebelum keberangkatan.
- Penerbangan internasional: 45 menit sebelum keberangkatan.
Saat penerbangan terdapat penjualan makanan & minuman yang akan dilakukan oleh Awak kabin Lion Air. Tersedia,dalam banyak pilihan, dimulai dari snack sampai dengan makanan utama (selama persediaan masih ada).
C. Apakah boleh mengunakan peralatan elektronik saat penerbangan?
- Memiliki keterbatasan fisik yang mungkin tidak terlihat namun akan menghambat jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk membantu.
- Merasa memiliki keterbatasan: kekuatan, gerak, ketrampilan pada kedua tangan dan kaki, atau masalah keseimbangan saat membuka pintu untuk membantu awak pesawat.
- Merasa tidak mampu mencapai pintu darurat, membukanya dan keluar dengan cepat.
- Meyakini bahwa kegiatan fisik yang dilakukan untuk membuka pintu akan menyebabkan Anda cedera.
- Memiliki keterbatasan pendengaran ataupun bahasa sehingga tidak mendengar/ tidak mengerti perintah awak pesawat.
- Memiliki keterbatasan penglihatan atau tidak mengerti instruksi yang dimaksud dalam kartu ini.
- Tidak mampu memberikan instruksi kepada penumpang lain.
- Mempunyai tanggung jawab lain (misalnya menjaga anak kecil) sehingga akan menghambat dalam membantu awak pesawat.
- Berusia kurang dari 18 tahun atau tidak mampu melakukannya tanpa bantuan orang lain.
- Mengubah aturan (setting) ponsel ke mode pesawat/airplane mode.
- Ubah dalam wifi connection pada ponsel
- Pilih “Batik Entertainment” di Batik Air atau “Lion Entertainment” di Lion Air.
- Bagasi Tercatat adalah barang penumpang yang diserahkan oleh penumpang kepada Maskapai Penerbangan untuk diangkut dengan pesawat udara yang sama dengan keberangkatan penumpang.
- Bagasi Kabin adalah barang yang dibawa oleh penumpang dan berada dalam pengawasan penumpang sendiri di dalam pesawat.
- Staff Maskapai berhak mengajukan beberapa pertanyaan terkait dengan keamanan terhadap bagasi yang dibawa oleh penumpang.
- Penumpang berkewajiban untuk menginformasikan dan menunjukan isi bagasi (jika diminta).
- Satu kemasan bagasi tercatat hanya diperbolehkan memiliki berat maksimum 30 kg.
- Pastikan Anda memiliki label bukti dari bagasi tercatat.
- Infromasi bagasi selengkapnya kunjungi tautan https://www.lionair.co.id/syarat-ketentuan#three dengan topik: Bagasi Cuma – Cuma Lion Air Group.
- Penumpang akan disarankan untuk mengirimkan barang melalui bagian Cargo, atau
- Penumpang dapat mengemas ulang bagasi tercatat sehingga dalam satu kemasan memiliki berat tidak lebih dari 30 kg.
- Batik AIr dan Lion Air: Dimensi 40cm x 30cm x 20cm dan beratnya tidak lebih dari 7kg.
- Wings Air: Dimensi kabin yaitu 35cm x 30cm x 20cm (termasuk jika Anda memiliki penerbangan connecting/ transit dengan penerbangan Wings Air):
- Diperboleh membawa barang pribadi seperti tas laptop.
No. | Airline Code | Class of Service | Weight Concept | Infant Allowance | |
---|---|---|---|---|---|
Domestic routes | International Routes | ||||
1 | JT | Economy | 0 KG | 0 KG | - |
2 | IW | Economy | 0 KG | 0 KG | - |
3 | ID | Business | 30 KG | 30 KG | - |
Economy | 20 KG | 20 KG | - | ||
4 | SL | Economy | 0 KG | 0 KG | - |
5 | OD | Business | Tertera pada tiket | Tertera pada tiket | Tertera pada tiket |
Economy | Tertera pada tiket | Tertera pada tiket | Tertera pada tiket |
2. Rute konekting keberangkatan dari Luar Indonesia/ transit dengan Maskapai di luar Lion Group, mengikuti berat yang tertera pada tiket.
- Pastikan perlengkapan tersebut dikemas dengan baik.
- Semua perlengkapan olah raga dapat dimasukan dalam perhitungan bagasi cuma – cuma dan bagasi prabayar kecuali:
KETENTUAN | |
---|---|
Sepeda | 1. Biaya Rp 200.000,- per rute 2 Maksimal berat 1 sepeda 30 KG 3. Tidak termasuk dalam bagasi cuma - cuma maupun bagasi prabayar |
Surfboard | 1. Biaya Rp 200.000,- per rute 2 Maksimal berat 1 surfboard 23 KG 3. Tidak termasuk dalam bagasi cuma - cuma maupun bagasi prabayar |
- Kehilangan bagasi tercatat atau isi bagasi tercatat diberikan ganti kerugian sebesar Rp. 200.000,00 per kg dan paling banyak Rp. 4.000.000,00 per penumpang.
- Kerusakan bagasi tercatat, diberikan ganti kerugian sesuai jenis kerusakan baik dalam bentuk, ukuran dan merk bagasi tercatat.
- Untuk detail tanggung jawab Maskapai, semuanya mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan No. 77 tahun 2011 tentang Tanggung Jawab Pengangkut Udara pada pasal 5 & 6.
CARA PEMBAYARAN | TEMPAT PEMESANAN TIKET |
---|---|
ATM | Call Center & Website |
Tunai | 1. Kantor Pusat 2. Kantor Perwakilan Lion Air Group 3. Bandara |
Kartu Kredit | 1. Kantor Pusat 2. Kantor Perwakilan Lion Air Group 3. Bandara 4. Website |
Alfamart & Indomaret | Website |
DAFTAR BANK | |
---|---|
BNI | Bank Panin |
CIMB Niaga | Bank BCA |
ATM Mandiri | Bank BTN |
BII | Bank Sinarmas |
Bank Permata | Bank Danamon |
BRI | Bank Mega |
Bank Bukopin | Bank NISP |
- Buka tautan berikut: https://www.lionair.co.id/kelola-pemesanan/rincian-pemesanan
- Isi keterangan yang diminta:
- Kode Booking
- Nama Penumpang
- Nomor Penerbangan
- Tanggal penerbangan.
- Print e-ticket di Website langsung, atau
- E-mail ke Customer Care di customercare@lionairgroup.com.
- Menghubungi Call Center 24 jam kami di nomor (+62) 21 6379 8000/ 0804 1 778899.
- Datang ke Kantor Perwakilan Lion Air Group terdekat.
- Mengirimkan email ke customercare@lionairgroup.com
- Website resmi Lion Air: https://www.lionair.co.id/kelola-pemesanan/ubah-jadwal
- Call center 24 jam kami: (+62) 21 6379 8000/ 0804 1 778899.
- Mengirimkan email ke customercare@lionairgroup.com.
- Call Center 24 jam kami (+62) 21 6379 8000/ 0804 1 778899, atau
- E-mail ke customercare@lionairgroup.com.
Pembayaran yang dapat dilakukan berdasarkan tempat pengajuan perubahan:
TEMPAT PERUBAHAN | CARA PEMBAYARAN |
Website Lion
Air | Kartu kredit/ transfer. |
Call Center | ·
Melalui
kantor perwakilan terdekat. ·
Maksimal
waktu pembayaran 3 jam sebelum jadwal keberangkatan. |
- Call Center 24 jam kami (+62) 21 6379 8000/ 0804 1 778899, atau
- E-mail ke customercare@lionairgroup.com.
- Datang ke salah satu kantor perwakilan Lion Grup.
PEMBAYARAN AWAL | CARA PENGEMBALIAN |
---|---|
Tunai/ ATM | Transfer ke rekening Bank |
Kartu Kredit | Kembali ke limit kartu kredit |
CARA PEMBAYARAN TIKET | WAKTU PENGEMBALIAN DANA | |
---|---|---|
Bank Lokal (Indonesia) | Bank Asing (Foreign Bank) | |
Uang Tunai/ Cash | 15 (lima belas) hari kerja | 60 (enam puluh) hari kerja |
Kartu Kredit | 30 (tiga puluh) hari kerja | 60 (enam puluh) hari kerja |
Kartu Debit | 30 (tiga puluh) hari kerja | - |
- Usia di atas 12 Tahun
- Di bawah 12 tahun tidak dapat melakukan perjalanan dahulu
- Wajib PCR dengan Barcode/kode batang (masa berlaku 2x24 jam)
- Vaksin minimal dosis pertama
- Mengisi data dengan Aplikasi E-HAC dan aplikasi Pedulilindungi
- Menunjukan kartu vaksin dosis lengkap (fisik maupun digital).
- Berusia 12 – 17 tahun.
- Test PCR saat keberangkatan maupun kedatangan.
- Khusus kedatangan di Indonesia wajib melakukan karantina selama 8 hari.
- Tiba lebih awal di terminal keberangkatan yakni empat jam sebelum keberangkatan.
- Menunjukkan kartu identitas diri yang sah (KTP atau tanda pengenal lainnya),
- Mengenakan masker sebelum penerbangan, saat di dalam pesawat hingga mendarat dan saat kedatangan serta keluar dari bandar udara,
- Mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan cairan pembunuh kuman (hand sanitizer),
- Mengikuti aturan jarak aman (physical distancing) selama di terminal bandar udara,
- Menjaga kebersihan selama berada di dalam pesawat,
- Mengikuti petunjuk awak pesawat,
- Mengisi kartu kewaspadaan kesehatan elektronik (e-HAC) yang dapat diakses (download) melalui aplikasi seluler e-HAC Indonesia (Android) atau http://sinkarkes.kemkes.go.id/ehac.
- Calon penumpang diharapkan mengunduh (download) aplikasi e-HAC melalui ponsel pintar (smartphone) masing-masing dari Google Play Store atau Apple Store atau dapat diakses https://inahac.kemkes.go.id/
- Calon penumpang menerima surat hasil uji kesehatan elektronik dan mendapat QR Code (quick response code) di aplikasi e-HAC. Kode ini adalah barcode dua dimensi yang bisa memberikan informasi secara langsung sesuai data dan hasil tes Covid-19.
- Calon penumpang akan menunjukkan barcode (QR code) kepada petugas lembaga terkait yang melakukan verifikasi (pemeriksaan) dokumen uji kesehatan di terminal bandar udara.
- Penumpang mendaftarkan diri pada aplikasi e-HAC sebelum keberangkatan atau ketikasetelah mendarat dengan mengisi semua persyaratan sesuai kolom (form) yang ada/ tertera, berdasarkan data diri serta riwayat secara benar dan tepat.
- Panduan mengisi e-HAC silakan untuk membaca dan cermati dari petunjuk berikut ini: https://infeksiemerging.kemkes.go.id/download/Panduan_Pengguna_Aplikasi_E-HAC.pdf
- Setelah tiba di terminal kedatangan bandar udara tujuan, tunjukkan barcode (QR code) pada aplikasi e-HAC kepada petugas kesehatan. Mesin pemindai (scanner) akan membaca dan memeriksa data-data yang sudah isi sebelumnya.
Web check in tetap bisa dilakukan seperti biasanya yaitu tidak lebih dari 24 jam dari waktu keberangkatan.
Untuk saat ini kami pihak Maskapai belum dapat menerima penumpang anak dengan usia di bawah 12 tahun. Hal ini mengacu pada SE Satgas no 17 tahun 2021 pada tautan https://covid19.go.id/p/regulasi/surat-edaran-kasatgas-nomor-17-tahun-2021
Untuk saat ini baru tersedia untuk beberapa rute saja. Lokasi tempat pemeriksaan dapat dilihat pada tautan berikut, https://www.lionair.co.id/lokasi-rt-pcr.
Untuk ketentuan RT PCR dapat ditemukan pada link berikut, https://www.lionair.co.id/ketentuan-rt-pcr.
Detail ketentuan terdapat pada tautan berikut, https://www.lionair.co.id/kelola-pemesanan/rapid-test.
Untuk saat ini baru tersedia untuk beberapa rute saja. Lokasi tempat pemeriksaan dapat dilihat pada tautan berikut: https://www.lionair.co.id/lokasi-rapid-test-antigen.
Ketentuan RT-Antigen terdapat pada tautan berikut, https://www.lionair.co.id/ketentuan-rapid-test.
Semua ketentuan tersebut mengacu pada SE Satgas no. 17 2021 sesuai dengan InMendagri No. 30 Tahun 2021.
Selama voucher rapid belum digunakan bisa dikembalikan.
- Website Lion Air: www.lionair.co.id
- Kantor pusat Lion Air di Jl Gajah Mada No. 7 Jakarta
- Kantor perwakilan Lion Group.
Layanan khusus yang ditawarkan oleh Lion Air Group untuk pembelian kuota bagasi dengan harga yang terjangkau sebelum waktu keberangkatan.
- Langsung ke agent perjalanan tempat pembelian tiket.
- Kantor perwakilan Lion Air Group
- Website resmi Lion Air di www.lionair.co.id.
- •Langsung ke agent perjalanan tempat pembelian tiket.
- Kantor perwakilan Llion Air Group
- Website resmi Lion Air di www.lionair.co.id
D. Pembelian bagasi prabayar yang tidak terpakai atau ada sisa dari berat bagasi yang saya baya, apakah dapatdikembalikan?
- Hanya untuk rute domestik Lion Air.
- Berat dihitung minimal 5 kg.
- Kondisi sehat, bersih & tidak hamil
- Ditempatkan di dalam kandang, anti bocor dan dilengkapi dengan kunci.
- Berat hewan dan kandang tidak termasuk dalam bagasi prabayar. Melainkan sebagai bagasi berlebih/ dihitung per kilogram (minimal perhitungan 5 Kg).
- Menyertai surat karantina asli yang menyatakan bebas dari penyakin dan bukan termasuk hewan yang dilindung
- Bagasi dibeli dalam kelipatan 5 kg.
- Total yang dapat dibeli adalah 30 kg.
G. Berapa harga per-kg untuk pembelian bagasi berbayar?
Jawaban:
Harga bagasi prabayar berbeda-beda berdasarkan masing-masing rute penerbangan. Adapun daftar harga yang dimaksud dapat dilihat pada tautan berikut, https://www.lionair.co.id/docs/default-source/default-document-library/prepaidbaggagelist-20nov2019.pdf?sfvrsn=595c50cd_2
- Calon member berusia minimal 17 tahun
- Membawa 3 tiket yang telah digunakan dalam satu tahun terakhir
- Menyertakan identitas diri (KTP,SIM passport)
- Melakukan pengisian form di Lion Air Tower atau melalui email ke lionpassport@lionair.co.id
- Mendapatkan Lion Air Miles yang dapat ditukarkan dengan tiket penerbangan gratis
- Prioritas check-in di bandara
- Dapat extra bagasi, khusus jenis kartu gold
- Penumpang Lion Air Group (Lion Air, Batik Air, Wings Air)
- Dengan meunjukkan tiket atau boarding pass
- Usia minimum 12 tahun
- Membawa KTP asli
- Membawa KK (khusus anak yang belom memiliki KTP)
- Penumpang dengan keberangkatan awal/ tujuan akhir Jakarta
- Mematuhi protocol kesehatan
- Datang 4 jam sebelum keberangkatan
- Pendaftaran di tutup pukul 15.30